Keanggotaan

A R A I | Asosiasi Rope Access Indonesia

Adalah kumpulan instruktur dan teknisi kerja di ketinggian yang menggunakan teknik access tali (rope access) untuk saling berinteraksi dan berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam rangka meningkatkan kompetensi dan mengurangi kecelakaan di ketinggian agar aktifitas di ketinggian menjadi lebih produktif.

Anggota terbagi menjadi Angota Perusahaan dan Anggota Perseorangan

ARAI bersifat terbuka, independen dan nirlaba.

ARAI menjalankan semua aktifitas untuk manfaat semua orang.

arai link
HUBUNGI KAMI


Visi Misi

VISI

  • Membina dan mengembangkan peran dan partisipasi, kemampuan, keahlian, kegiatan dan kepentingan anggota, sebagai bagian dari pelaku Pembangunan Nasional.
  • Menghimpun aspirasi serta pola pikir yang berkembang dari anggota dan menyatu-padukan menjadi sesuatu pola pikir yang tepat guna serta menyampaikan kepada pemerintah/instansi terkait sebagai upaya peran serta dalam pembangunan nasional.
  • Meningkatkan kemitraan dari rasa setia kawanan antar anggota

MISI

  • Turut serta melaksanakan dan menunjang kebijaksanaan dan program Pemerintah dibidang pembinaan, pengendalian, dan pengembangan K3 Rope Access.
  • Melakukan kegiatan penyuluhan, penyebarluasan informasi, pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan keahlian K3 Rope Access dan melakukan pemberdayaan anggota dengan mendorong terlaksananya kegiatan K3 di lingkungan kerja anggota.
  • Mengembangkan standarisasi di bidang keselamatan dan kesehatan kerja Rope Access.
  • Membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh para anggota dalam melakukan tugas dan kewajibannya.
  • Melakukan kegiatan konsultasi, penyelesaian permasalahan dan lainnya di bidang keselamatan dan kesehatan kerja.

Sejarah

Asosiasi Rope Access Indonesia (ARAI) lahir dan hadir atas kebutuhan akan adanya peran serta masyarakat dalam pengembangan metode bekerja di ketinggian secara aman dan bertujuan untuk menekan angka kecelakaan kerja di ketinggian.

ARAI terdiri dari para penggiat profesi, ahli, Pembina dan wakil-wakil perusahaan yang concern terhadap pekerjaan di ketinggian pada berbagai disiplin dan bidang aplikasi serta aktifitasnya.

ARAI dideklarasikan di Bandung pada 23 Maret 2007, adalah mitra pemerintah dalam melakukan penerapan metode kerja akses tali di tempat kerja dan selanjutnya diharapkan mennjadi lembaga pemerhati, pengkaji dan pengembang kegiatan keselamatan kerja pada ketinggian di Indonesia.

KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA | K3/SHE

SAFETY NOTICE ARAI | DASAR HUKUM | SAFETY RECORDS DI INDONESIA | SAFETY RECORDS DI INDONESIA

Pelatihan

Tekhnik Kerja

Pengawasan

Peralatan Keselamatan

DIMANA TEKNIK INI DIGUNAKAN?

Teknik bekerja aman sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2016 tentang keselamatan dan kesehatan kerja dalam pekerjaan pada ketinggian, meliputi: Bekerja pada lantai kerja tetap; Bekerja pada lantai kerja sementara; Bergerak secara vertical atau horizontal menuju atau meninggalkan lantai kerja; Bekerja pada posisi miring; dan Bekerja dengan akses tali.

Kenapa ARAI?

Asosiasi Rope Access Indonesia (ARAI), mempunyai fungsi membantu Pemerintah menciptakan kondisi kerja yang aman, sehat dan bebas dari resiko terjadinya kecelakaan atau sakit akibat kerja di bidang Rope Access dan bidang bekerja pada ketinggian.

safety matter

ROPE ACCESS untuk INDUSTRI

Keselamatan

Kesehatan

Keamanan

Asuransi

APA ITU BEKERJA PADA KETINGGIAN?

Menurut Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2016 tentang keselamatan dan kesehatan kerja dalam pekerjaan pada ketinggian, bekerja pada ketinggian adalah kegiatan atau aktifitas pekerjaan yang dilakukan oleh tenaga kerja pada tempat kerja di permukaan tanah atau perairan yang terdapat perbedaan ketinggian dan memiliki potensi jatuh yang menyebabkan tenaga kerja atau orang lain yang berada di tempat kerja cedera atau meninggal dunia atau menyebabkan kerusakan harta benda.

safety1st-work-safety

SKEMA PEMBINAAN DAN SERTIFIKASI

Sertifikasi & Advokasi

Penelitian & Pengembangan

WAH & Fall Protection

Rope Access

Insurance


KOMPONEN | KURIKULUM PEMBINAAN

PELAKSANA

Key Person
Instruktur
Asst. Instruktur
Evaluator
Pengawas Keselamatan


MATERI AJAR

Buku Materi (Modul)
Dokumen Pendukung
Power Point / Slide
Rencana Pembelajaran


VENUE (Lokasi Pembinaan)

Fasilitas & Risk Assesment
Medical
Zona & Signage
ERP.


ALAT AJAR

Sesuai TKBT – TKPK
APD Personal
APD Kolektif


ADMINISTRASI

Sistematika Pendaftaran
Profil dan Kelayakan Peserta
Sistematika Penilaian Hasil Ajar
Sistematika Pelaporan


KURIKULUM PEMBINAAN

JADWAL DAN TEMPAT PEMBINAAN

INFORMASI KARIR DAN LOWONGAN P-EKERJAAN

Professional in Altitude

KODE ETIK ANGGOTA ASOSIASI ROPE ACCESS INDONESIA

Kode etik dibuat untuk disepakati, ditaati dan dilaksanakan
oleh seluruh anggota ARAI


 

Pasal 1

Setiap Anggota (ARAI) Wajib menjunjung tinggi, menghayati dan mengamalkan sumpah dan janji Anggota (ARAI).


 

Pasal 2

Setiap Anggota (ARAI) dalam melaksanakan tugas profesinya, harus berpedoman menurut Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga dan ketentuan-ketentuan lain yang berlaku dengan sebaik-baiknya, Loyal dan bertanggung jawab terhadap hasil pelaksanaan tugasnya.


 

Pasal 3

Setiap Anggota (ARAI) dalam melaksanakan profesinya, tidak terpengaruh terhadap, janji-janji ataupun hasil yang akan dan telah diberikan oleh pihak-pihak yang hendak melemahkan keutuhan kesatuan/solidaritas organisasi (ARAI) atau, bahkan mengarah kepada ketidak kondusifnya situasi organisasi untuk mengambil keuntungan demi kepentingan pribadi.


 

Pasal 4

Setiap Anggota (ARAI) yang mengetahui dan mendapati keadaan seperti pada pasal 3 diatas, Wajib melaporkan/menyampaikan kejadiannya ke organisasi (ARAI) dimana saja berada ke lingkungan Cabang organisasi terdekat, dengan tembusan ke Induk Organisasi untuk diambil tindakan yang sesuai.


 

Pasal 5

Setiap Anggota (ARAI) harus senantiasa berhati-hati dalam menyebarluaskan dan menerapkan setiap penemuan teknik dan teknologi baru dibidang K3 yang belum diuji kebenarannya.


 

Pasal 6

Setiap Anggota (ARAI) hanya diperbolehkan memberi keterangan atau saran yang dapat dilaksanakan dan dapat dibuktikan kebenarannya.


 

Pasal 7

Setiap Anggota (ARAI) harus mengutamakan kepentingan keselamatan dan kesehatan tenaga kerja dan orang lain ditempat kegiatan kerja dimana yang bersangkutan berada dan bekerja.


 

Pasal 8

Setiap Anggota (ARAI) wajib menjaga kerahasiaan jabatan dan rahasia data organisasi yang menyangkut, pengembangan usaha, detail bakuan kompetensi, modul dan lain sebagainya yang menjadi milik Anggota (ARAI), kecuali yang telah di publikasikan dan/atau menjadi milik publik,


 

Pasal 9

Setiap Anggota (ARAI) wajib memegang, dan menjaga kerahasiaan jabatan dan kerahasian hasil pemeriksaan/investigasi dalam menjalankan tugasnya, terkecuali atas permintaan dan ijin perusahaan yang menjadi obyek pemeriksaannya.


 

Pasal 10

Setiap Anggota (ARAI) berkewajiban memberikan pelayanan terbaik kepada pihak lain yang dianggap perlu dalam hal pemeriksaan dan pengujian teknik demi kepentingan K3 secara nasional.


 

Pasal 11

Setiap Anggota (ARAI) wajib saling menghormati dan menghargai sesama Anggota (ARAI) dan anggota profesi K3 lainnya.


 

Pasal 12

Setiap Anggota (ARAI) harus selalu mengikuti perkembangan hukum ketenagakerjaan, ilmu pengetahuan meliputi sosiologi dan teknologi K3 yang terkait dengannya.


 

Pasal 13

Setiap Anggota (ARAI) harus mampu bersikap Mandiri (professional) dan bebas tidak tergantung (independent) pada setiap keadaan dalam menjalankan tugasnya.


 

Pasal 14

Setiap Anggota (ARAI) Wajib mematuhi setiap elemen/pasal KODE ETIK PROFESI INI.

Independent at Work

STRUKTUR ORGANISASI

KOMPOSISI DAN PERSONALIA ASOSIASI ROPE ACCESS INDONESIA (ARAI)

PERIODE 2015 – 2019

PENGURUS ARAI

DEWAN PENASEHAT :

ERRY RIYANA HARDJAPAMEKAS


DIREKTUR P2K3 KEMENNAKER RI



DEWAN PAKAR :

HARRY SULIZTIARTO


MUHAMMAD YUSUF



KETUA UMUM :

RIVALINNO HANDOKO



WAKIL KETUA :

JULLY S. SOMANTRI



Sekertaris :

ACHMAD HUSEIN



Bendahara :

ARIE YASHAR



KOORDINATOR BIDANG

Sertifikasi dan Advokasi :

NURRACHMAN SAID


RAMADHIN WAHONO



Penelitian dan Pengembangan :

CHANDRA PERDANA



WAH | Work at Height & FALL PROTECTION :

MUHAMMAD ALI MUHSIN



Rope Access :

M. RUSLAN ZULKARNAIN



S H E | Safety – Health – Environment :

HADDY ACHMAD CHALIDI